• Sun. Mar 3rd, 2024

Jamu Asam Urat dan Kolesterol Alami dan Cara Membuatnya

Byayroz.com

May 23, 2021

Jamu Racikan – Jamu asam urat dan kolesterol alami dan cara membuatnya, Cara mengobati asam urat dan kolesterol dengan bahan alami adalah dengan cara meminum jamu asam urat dan kolesterol. Jamu asam urat dan kolesterol merupakan cara yang lebih efektif untuk menyembuhkan asam urat dan kolesterol karena dalam proses penyembuhan tidak akan menimbulkan efek samping jangka panjang seperti obat rumah sakit yang mengandung bahan kimia. Untuk itu penggunaan obat tradisional Jamu racikan bagi penderita asam urat dan kolesterol banyak diminati oleh masyarakat.
Penyakit asam urat merupakan penyakit yang di sebabkan oleh tingginya kadar zat purin atau Uric Acid dalam tubuh yang tidak dapat di cerna dan di keluarkan oleh ginjal sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Dan akibatnya dapat menimbulkan rasa nyeri di persendian, pembengkakan dan nyeri yang tidak tertahankan.

Sedangkan penyakit kolesterol adalah tingginya kadar tingkat kolesterol dalam darah sehingga buruk untuk kesehatan, kolesterol sendiri merupakan salah satu senyawa lemak yang menyerupai lilin di produksi sebagian di hati dan sebagian lainnya didapat dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Senyawa Uric Acid atau purin dan kolesterol sendiri banyak di hasilkan dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari dan makanan yang tinggi purin seperti daging merah, seafood, jeroan, kacang-kacangan, coklat, makanan fermentasi yang mengandung ragi seperti tape. Jika anda penderita asam urat dan kolesterol sebaiknya anda hindari makanan tersebut.

Cara mengobati Asam Urat dan kolesterol dengan bahan alami

Banyak jenis tumbuhan herbal yang memiliki manfaat untuk pengobatan secara alami diantaranya bahan jamu untuk asam urat dan kolesterol. Berikut beberapa tumbuhan yang dapat di jadikan Jamu asam urat dan kolesterol :

1. Kumis Kucing
Kumis kucing termasuk tumbuhan obat asam urat dan kolesterol yang mujarab. Dengan meramunya secara tradisional dengan bahan dan takaran yang tepat akan menyembuhkan rasa nyeri yang mengganggu saat asam urat kambuh. Kumis kucing memiliki kandungan garam dan kalium yang bersifat diuretik yang dengan cepat mampu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dengan cepat.

Jamu asam urat dan kolesterol alami - daun kumis kucing
Jamu asam urat dan kolesterol alami – daun kumis kucing

Cara membuat jamu asam urat dan kolesterol kumis kucing yang ampuh, yaitu:
Cuci bersih 10 lembar daun kumis kucing segar.
Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.
Setelah dingin, saring dan minum, minumlah sekali pada pagi hari.

2. Brotowali
Brotowali merupakan tumbuhan herbal yang banyak digunakan untuk bahan jamu atau obat tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan. Ternyata brotowali termasuk jenis tumbuhan obat asam urat dan kolesterol yang ampuh menyembuhkan. Dengan diolah dengan mudah bisa menjadi obat asam urat dan kolesterol yang manjur.

Jamu asam urat dan kolesterol alami - brotowali
Jamu asam urat dan kolesterol alami – brotowali

Cara membuat obat asam urat dan kolesterol dengan brotowali yaitu dengan merebusnya hingga mendidih kemudian saring dan ambil air rebusannya. Minum secara teratur setiap hari selama kadar asam urat dan kolesterol naik.

3. Sidaguri
Jenis tanaman liar ini ternyata memiliki manfaat  sebagai obat alami penurun asam urat dan kolesterol dengan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan tanaman sidaguri termasuk jenis tumbuhan obat asam urat dan kolesterol yang ampuh. Hal ini dikarenakan sidaguri mengandung zat alkaloid yang bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi peradangan dan nyeri saat asam urat.

Jamu asam urat dan kolesterol alami - sidaguri
Jamu asam urat dan kolesterol alami – sidaguri

Cara menyembuhkan asam urat dan menurunkan kolesterol dengan sidaguri sangat mudah. Anda cukup merebus segenggam daun sidaguri dengan beberapa bijinya hingga mendidih. Diamkan agar dingin dan saring ambil airnya.Minum secara teratur setiap hari selama asam urat dan kolesterol mengganggu.

4. Daun Salam
Daun salam juga termasuk salah satu tumbuhan obat atau jamu asam urat dan kolesterol. khasiatnya bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami dan bisa juga dimanfaatkan menjadi obat penurun kolesterol yang ampuh. Hal itu dikarenakan kandungannya yang bisa menurunkan kadar asam urat dan kolesterol. Daun salam mengandung flavonoid, tanin dan minyak esensial yang bekerja ampuh mengatasi penyakit asam urat dan kolesterol.

Jamu asam urat dan kolesterol alami - daun salam
Jamu asam urat dan kolesterol alami – daun salam

Daun salam memiliki banyak kandungan zat tanin yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat dan kolesterol dengan cepat. Selain itu daun salam memiliki sifat analgetik yaitu dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat asam urat kambuh. Anda cukup membuatnya menjadi ramuan tradisional yang bisa dengan mudah Anda ramu sendiri di rumah.

Berikut cara membuat obat asam urat dan kolesterol dengan daun salam, yaitu:

Siapkan 10 lembar daun salam yang masih muda dan segar, lalu cuci bersih.
Rebus dengan air 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
Angkat dan biarkan agak dingin.
Minumlah obat alami asam urat tersebut dalam keadaan hangat 2 kali sehari.

5. Jahe Merah
Jahe merah terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan. Jahe merah merupakan tanaman herbal yang termasuk tumbuhan obat asam urat dan kolesterol dengan cepat. Jahe bisa meredakan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat dan bisa memperlancar peredaran darah.

Jamu asam urat dan kolesterol alami - jahe merah
Jamu asam urat dan kolesterol alami – jahe merah

Mengolah jahe merah untuk obat asam urat dan kolesterol alami yaitu dengan membuatnya menjadi minuman dan kemudian diminum secara rutin.Anda cukup mengupas kulitnya kemudian tumbuk kasar dan rebus hingga mendidih.Angkat saring kemudian ambil airnya untuk diminum. Air rebusan jahe merah atau wedang jahe mampu mengurangi timbunan purin pada sendi dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol sehingga membantu menyembuhkan peradangan pada persendian.

6. Daun Sirsak
Beberapa tahun terakhir daun sirsak memang banyak digunakan sebagai obat.Daun ini dipercaya dapat menyembuhkan gagal ginjal dan juga bisa mengobati asam urat.Kandungan vitamin A dan C yang sangat tinggi membuat daun sirsak sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.Daun ini bisa meringankan nyeri sendi pada penderita asam urat.

Jamu asam urat dan kolesterol alami - daun sirsak
Jamu asam urat dan kolesterol alami – daun sirsak

Bagaimana caranya untuk membuat obat alami dari daun sirsak? Anda tinggal merebus beberapa lembar daun sirsak dengan air sampai mendidih dan minum air rebusan tersebut ketika dingin, lakukan itu secara rutin.

Related Post