• Sat. Mar 2nd, 2024

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Byayroz.com

Mar 16, 2022

Mata merupakan alat indra yang sangat sensitif,maka dari itu kita harus menjaga kesahatan mata.Kebanyakan orang meremehkan kesehatan mata,bahkan tidak menjaga kesehatanmata. Banyak kebiasaan kita yang dapat merusak mata.

 

Seperti bermain handphone terlalu dekat,kebiasaan tersebut dapat menimbulkan iritasi bahkan bisa membuat mata minus.Gejalanya seperti mataberair,panas,dan memerah . Jangan terlalu dekat ketika bermain handohone, berilah jarak ±30cm.

 

Menatap cahaya terlalu lama, biasanya efek yang ditimbulkan terdapat cahaya bulat bila kita sudah tidak menatap cahaya itu lagi. Bahkan apabila kita menatap matahari ketika terik bisa menyebabkan kebutaan. Hindari kontak langsung dengan cahaya yang berlebih, gunakan kacamata gelap agar mata tetap terjaga.

 

Kebiasaan lainnya yaitu begadang, kebanyakan orang sering meremehkan hal ini.

 

Padahal bila dilakukan terus menerus dapat membuat mata kelelahan. Gejalanya mata berkedut, memerah, bahkan terasa panas.

 

Mengucek mata ketika terkena debu atau pasir. Kebiasaan tersebut sering dilakukan bahkan membuat selapit mata rusak. Gejalanya mata bisa memerah, dan perih. Apabila terjadi gejala seperti itu segera ditetesi dengan obat mata.

 

Terlalu lama bekerja juga bisa membuat otot mata mengalami penegangan. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan mata mudah lelah. Sesekali beristirahatlah agar mata tetap rileks.

 

Bermain handphone atau membaca sambil tiduran. Kebiasaan tersebut sering kita lakukan, padahal bahaya yang ditimbulkan cukup besar. Mata bisa mengalami iritasi bahkan menyebabkan mata minus.

 

Menggunakan lensa terlalu lama. Bisa membuat mata mengalami iritasi, apalagi bila digunakan di ruangan berAC, membuat lensa cepat kering. Sesekali lepas lensa atau berikan cairan tetes pada mata.

 

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, ada banyak tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin, banyak minum air putih, hindari memakai lensa lebih dari ±18 jam, hindari menatap layar terlalu dekat dan telalu lama. Ketika bangun tidur usahakan melihat warna hijau agar mata rileks.

 

Related Post